Wednesday, June 10, 2015

Cara membuat tanah liat menjadi keras

Cara membuat tanah liat menjadi keras

Selamat malam

Saya sebagai penulis ingin menyampaikan suatu artikel yang telah aku buatkan sederhana untuk anda semuanya yang sedang membaca atau melihat artikel yang telah aku buatkan untuk anda semuanya yang sekerang ini sedang melihat atau membaca artikel sederhana ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan kenikmatan dan karunia- Nya sehingga aku bisa menuis artikel sederhana dan anda bisa melihat artikel sederhana yang telah aku buatkan untuk anda semuanya.

Artikel yang telah aku buatkan untuk anda semuanya yang sekarang ini sedang melihat ataupun sedang membaca ataupun anda sekarang ini sedang merangkum artikel sederhana yang aku buatkan untuk anda semuanya yang telah sekarang ini sedang membaca atau meringkas artikel ini di buku ataupun di kertas ataupun di komputer.

Artikel yang telah aku buatkan untuk anda semuanya yang sekarang ini sedang melihat ataupun sedang membaca ataupun anda sekarang ini sedang merangkum artikel sederhana yang aku buatkan untuk anda semuanya yang telah sekarang ini sedang membaca atau meringkas artikel ini di buku ataupun di kertas ataupun di komputer. Artikel yang telah aku buatkan untuk anda semuanya dengan tanpa izin dari saya sendiri ini berisi ataupun membahas ataupun bahassannya tentang cara membuat tanah liat menjadi keras. Inilah artikel tersebut sebagai berikut ini :

Cara membuat tanah liat menjadi keras.

Biasanya tanah liat itu sifatnya lembek, lengket dan lunak. Tapi dalam artikel ini berisi tentang cara membuat tanah liat menjadi keras, tidah lengket dan kuat. Inilah cara dan bahan yang kita perlukan saat membuatnya :

Bahan

Bahan adalah bahan yang kita perlukan untuk membuat tanah liat menjadi keras. Inilah bahan yang kita perlukan saat kita akan membuat tanah liat menjadi keras sebagai berikut ini :
Tanah liat                                                              secukupnya.
Air                                                                         secukupnya.
Abu dari sisa pembakaran kulit padi                     secukupnya.
Bahan bakar
Kompor
Cetakan berbentuk persegi 5 cm

Cara pembuatannya
Cara pembuatannya adalah cara yang kita akan perlukan saat kita akan membuat tanah liat menjadi keras. Inilah cara pembuatannya yang akan kita lewati sebagai berikut ini :

  1. Campur tanah liat dengan air dan abu.
  2. Lalu aduk hingga tidah terlalu encer dan agar kering sedikit.
  3. Setelah itu masukkan adonan ke cetakan. 
  4. Lalu angkat adonan dari cetakan.
  5. Lalu jemur di terik matahari sampai kering
  6. Sambil menunggu kering. Kompor dikasih bahan bakar ( arang )
  7. Lalu hidupkan apinya.
  8. Setelah itu masukkan adonan tadi ke dalam kompor.
  9. Lalu bakar sampai 8 jam.
  10. Setelah dibakar diamkan sampai dingin.
  11. Setelah itu sentuhlah itu. Jika disentuh itu keras dan kuat maka itu jadi.
Dalam adonan ini diperlukan abu agar saat kita bakar bisa mengurangi retakan pada tanah liat yang kita bakar juga segai isian yang ringan.

Sekian dari saya terima kasih

No comments :

Post a Comment

Jika anda merasa artikel ini ada kurangnya maka saya harap anda berkomentar.Tetapi jangan komentar spam atau yang tidak bagus Terima kasih atas komentar yang anda berikan

Contact Form

Name

Email *

Message *